-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Interface? Bagaimana Cara Membuat UI Website?


Pernahkah Anda mendengar istilah interface? Seseorang yang menggeluti bidang website tentu tidaklah asing dengan istilah tersebut. Kehadirannya sangat penting dalam menyajikan website yang maksimal dan menarik. Agar Anda bisa memaksimalkan manfaat UI, berikut ini cara membuat UI website yang bisa disimak. 

Sekilas Tentang Interface

Interface adalah suatu jenis tampilan visual suatu produk tertentu sebagai jembatan antara sistem dan user. Adapun tampilannya beragam bentuk, mulai dari tulisan, warna, hingga desain.  

Jika dianalogikan, UI atau user interface layaknya sebuah tampilan rumah. Hal ini mencakup halaman depat, pintu utama hingga jendela. Begitu pun dengan UI yang akan diterapkan pada beberapa sistem, seperti aplikasi, blog hingga website. 

Cara Membuat UI Website

Untuk bisa menarik pengunjung lebih banyak, Anda harus paham cara membuat UI website. Dengan demikian UI yang disajikan pun mampu menarik pengguna untuk berkunjung ke website yang Anda miliki. Cara yang bisa diterapkan antara lain sebagai berikut:

Membuat Desain yang Ringkas Tapi Jelas

Pertama-tama, buatlah desain yang ringkas tapi jelas. Hindari penggunaan detail yang terlalu panjang. Alahasil hanya akan membuat website Anda terkesan berantakan. Desain yang ramah akan membuat pembaca betah dan bisa memahami deskripsi setepat mungkin.

Tampilan desain yang berantakan hanya akan membingungkan pengunjung. Maka dari itu, sajikan seringkas mungkin dan jelas untuk dibaca. Banyak pengunjung yang meninggalkan website dan beralih ke laman lain karena desain yang terlalu bertele-tele. Hal ini pun harus Anda waspadai sebaik mungkin. 

Merancang Desain yang Responsif

Senantiasa merancang desain yang responsif. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk bisa mengakses website via perangkat apapun, mulai dari PC hingga mobile. Secara sederhana, website Anda bisa menyesuaikan dengan resolusi ponsel apapun. 

Jika website yang disajikan tidak terlalu responsif, maka hanya akan membuat Anda rugi. Pasalnya, jika desainnya tidak responsif, pengunjung akan beralih ke website lain yang lebih mendukung. 

Memberikan Informasi Terstruktur

Menyajikan informasi yang tertata dengan rapi akan membuat pengunjung lebih mudah memahami apa yang hendak Anda sampaikan. Sekali pun suatu website tersaji dengan rama informasi, tapi jika tidak tertata, hasilnya nihil. 

Informasi yang disajikan akan tampak tumpeng-tindih. Alhasil, pengunjung akan merasa tidak nyaman dan bisa beranjak pergi dari laman website Anda. Maka dari itu, penting sekali untuk menatanya serapi mungkin. 

Konsisten

Senantiasa konsisten dalam menyajikan desain interface. Dengan kekonsistenan yang Anda terapkan, pengunjung pun akan lebih mengenal tampilan dari website Anda. Berikutnya, pengguna tidak akan kebingungan dalam menggunakan tool  yang tersedia. 

Lain halnya jika tidak bisa konsisten, maka pengunjung akan sulit memahami fungsi setiap tombol yang ada. Desain yang kerap berbeda bisa membuat pengunjung kebingungan dan sulit untuk membiasakan diri dengan laman yang dimiliki. 

Memilih Kontras Warna Secara Tepat

Jangan lupa untuk atur kontras warna dengan pilihan warna yang sesuai. Guna menyajikan UI yang menarik, Anda tidak bisa sembarang memilih warna. Pemilihan harus menyesuaikan dengan teks yang akan tersaji. Pastikan pengunjung mendapat kenyamanan maksimal ketika membaca konten Anda. 

Alternatifnya, Anda bisa mengkombinasikan warna yang beragam guna menyajikan informasi yang lebih jelas. Kombinasi warna secara efektif bisa membuat pengunjung nyaman berlama-lama di website Anda. Warna juga bisa disesuaikan dengan tema yang berkaitan dengan website. 

Desain yang Intuitif

Sajikan desain intuitif yang memungkinkan pengunjung tidak perlu bertanya terkait apa yang hendak dilakukan. Namun, setiap pengunjung sudah paham melalui konten yang tersaji. Desainer UI harus bisa berinteraksi dengan baik terkait produk yang ditawarkan.

Desain yang intuitif mampu meminmalisir penggunaan waktu berlebih dalam memahami produk. Hal ini patut untuk diperhatikan secara terperinci. Dengan demikian, Anda bisa menyajikan desain UI sesuai yang diinginkan.

Guna kelancaran dalam membangun dan mengembangkan website, Anda bisa mendukungnya dengan web hosting yang tepat. Banyak hosting murah server terlengkap yang bisa Anda coba. 

Demikianlah ulasan tentang cara membuat UI website. Penting sekali untuk memperhatikan karakteristik dalam pembuatan desain interface. Dengan demikian, website pun akan tersaji dengan visual yang lebih menarik serta user friendluser friendly.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Interface? Bagaimana Cara Membuat UI Website?"