-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Meredakan Panas Dalam menurut SehatQ


Banyak orang yang menyebut bahwa panas dalam adalah sebuah penyakit. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Justru itu merupakam gejala dari suatu penyakit. Biasanya orang yang mengalaminya akan merasa sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut, bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Efektif Mengatasi Panas Dalam yang Tidak Kunjung Sembuh

Jika Anda mengalami gejala di atas, artinya akan ada gangguan kesehatan lain yang akan muncul. Oleh karena itu, sebelum itu terjadi Anda harus segera meredakan panas dalam tersebut. Berikut caranya, yuk simak!

1. Minum Air Putih yang Banyak

Cara pertama dan yang paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan minum air putih yang banyak. Perlu Anda ketahui air merupakan komponen yang paling penting dalam tubuh dan berguna untuk meredakan berbagai macam keluhan, mulai dari dehidrasi, nyeri tenggorokan, demam, dan penyakit lainnya.

Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari agar tubuh tetap sehat. Tidak ada aturan khusus mengenai suhu air, baik hangat atau dingin dapat diminum sesuai kebutuhan masing-masing. Namun hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Agar tenggorokan lebih nyaman Anda juga bisa minum air hangat yang dicampur dengan madu.

2. Kumur dengan Air Garam

Selanjutnya, Anda bisa berkumur dengan menggunakan air garam. Hal ini sudah diketahui banyak orang bahwa air garam dapat mengatasi sakit tenggorokan. Masukkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, aduk, lalu gunakan untuk berkumur dua kali sehari.

3. Selektif dalam Memilih Makanan

Cara ini artinya Anda harus benar-benar memilih makanan yang sebelum memakannya. Hindari makanan yang dapat memperparah sakit tenggorokan dan menyebabkan nyeri ketika menelan makanan. Seperti makanan pedas, asam, bersantan, dan berminyak.

Makanlah makanan yang membuat tenggorokanmu merasa nyaman, seperti kaldu ayam, madu, jahe, kunyit, atau agar-agar dingin yang tidak diberi gula. Selain itu, konsumsi juga makanan bergizi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, seperti sayuran, buah, daging rendah lemak, dan karbohidrat kompleks.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat diperlukan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Minimal tidurlah 8 jam untuk orang dewasa. Usahakan tidak terlalu banyak main handphone atau menonton televisi agar tidur bisa lebih nyenyak.

5. Hindari Hal yang Memperparah Kondisi

Karena kondisi tubuh yang kurang fit, tentu akan membuat tubuh gampang terserang penyakit lain. Oleh karena itu hindari hal-hal yang dapat memperparah kondisi tubuh. Usahakan agar tetap di dalam rumah sampai benar-benar sembuh.

Penting juga untuk menghindari paparan asap, baik asap rokok maupun asap kendaraan. Hal ini karena dapat memperparah sakit tenggorokan. Atau lebih baik Anda memakai masker agar lebih aman dan tidak terpapar asap, debu, atau bahkan bakteri yang tidak diinginkan.

6. Gunakan Humidifier

Cara lain adalah Anda dapat menggunakan humidifier agar udara di dalam ruangan menjadi lebih lembab. Dengan begitu, saluran pernapasan akan jadi lebih nyaman dan nyeri pada tenggorokan pun dapat berkurang.

7. Minum Obat Jika Diperlukan

Cara terakhir, Anda bisa mengkonsumsi obat yang ada di apotek untuk mengatasi nyeri tenggorokan jika memang diperlukan. Minumlah obat sesuai dengan gejala yang dirasakan. Perhatikan juga ketentuan dosis dan cara minum sesuai petunjuk yang ada di kemasan obat.

Untuk gejala lain seperti bibir kering dan pecah-pecah, Anda bisa mengolesinya dengan madu atau menggunakan produk pelembab bibir yang dijual di pasaran.

Jika sudah mencoba beberapa cara di atas namun panas dalam masih berlanjut, segera pergi ke dokter untuk mendapat diagnosis yang lebih tepat. Karena mungkin ada direktori penyakit lain yang menjadi penyebabnya. Kenali penyakit dan atasi dengan tepat agar tidak memperparah kesehatan tubuh.

Posting Komentar untuk " 7 Cara Meredakan Panas Dalam menurut SehatQ"