-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mancanegara

Pengertian mancanegara

Arti mancanegara secara umum adalah segala sesuatu yang berasal dari atau terjadi di luar negeri atau negara lain. 

Menurut Wikipedia, istilah mancanegara memiliki arti atau sinonim luar negeri. Jadi sesuatu yang "berasal" atau "terjadi" di luar wilayah daerah kekuasaan atau daerah administrasi Indonesia.

Contoh

  • Wisatawan mancanegara artinya adalah wisatawan yang berasal dari luar negara yang dikunjungi, musik mancanegara yang berarti musik yang berasal dari negara lain, artis mancanegara, dan lain sebagainya.
  • Tarani mancanegara adalah semua jenis tarian yang berasal dari negara lain. Ada begitu banyak jenis tarian mancanegara diantaranya tari kathak dari India, tari flamenco dari Spanyol, tari morris dari Inggris, tari kipas dari Korea Selatan, tari naga dari China, dan masih banyak lagi.
  • Film mancanegara adalah istilah untuk film-film yang berasal dari negara lain. Ada Amerika dengan hollywoodnya dan ada India dengan bollywoodnya yang terkenal memproduksi begitu banyak film. Selain kedua negara ini juga banyak negara-negara lain yang menghasilkan film yang disebut dengan film mancanegara.
  • Seni rupa mancanegara adalah berbagai macam hasil karya seni rupa dari seniman di penjuru dunia baik itu dua dimensi ataupun tiga dimensi yang mempunyai nilai-nilai ciri khas budaya tertentu. Contohnya pedang persia, kerajinan tangan Turki dsb


Kita pasti tahu, segala sesuatu yang berasal dari luar pasti memberikan dampak, entah itu positif ataupun negatif. 

  1. Dampak positif yaitu bertambahnya pemasukan bagi negara. Contohnya dengan kedatangan wisatawan mancanegara sehingga akan menambah devisa negara, dan akan terbukanya banyak peluang usaha di sekitar tempat wisata. Sekaligus akan menambah wawasan, pengetahuan, dan sudut pandang kita mengenai segala sesuatu. Misal dalam hal budaya menari, jika selama ini kita hanya mengetahui tarian tradisional dalam negeri, dengan masuknya tarian mancanegara akan memperkaya referensi tarian kita.
  2. Dampak negatif, budaya-budaya asing yang masuk secara tidak langsung dapat merusak moral generasi muda, contohnya pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan, gaya berpakaian yang terlalu minim, dan lain-lain. Dampak negatif lain adalah berkurangnya kecintaan terhadap budaya dalam negeri sendiri, dimana generasi muda sangat memuja segala sesuatu yang berasal dari luar negeri dan merasa malu menggunakan produk atau budaya dalam negeri.


Pengertian mancanegara - Acara

Posting Komentar untuk "Pengertian Mancanegara"