Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mesin Frais dan Bagian Bagiannya


Mesin Frais adalah salah satu mesin yang banyak orang gunakan di berbagai macam bidang industri. Dengan menggunakan mesin tersebut, Anda bisa memotong atau menggiling sebuah logam yang tidak dibutuhkan untuk menjadi bahan yang nanti dibutuhkan. Akan tetapi, masih terdapat beberapa orang yang masih belum memahami pengertian mesin Frais sendiri dan bagaimana sistem kerjanya.

Pengertian Mesin Frais

Pengertian mesin Frais adalah salah satu mesin yang menggunakan pemotong (Cutter) yang berputar pada suatu sumbu mesin. Pemotong tersebut nantinya bertugas dalam memotong bagian-bagian logam yang tidak dibutuhkan. Bahkan, mesin ini kerap juga digunakan dalam membuat sebuah model.

Mesin Frais sendiri juga memiliki berbagai macam jenis yang telah banyak orang gunakan untuk keperluan di berbagai macam industri. Salah satunya yakni di industri otomotif, banyak sekali digunakan mesin ini untuk membuat spare part kendaraan. 


Prinsip Kerja Mesin Frais

Mesin Frais sendiri memiliki prinsip kerja yang sangat khas dalam prosesnya. Dengan menggunakan Cutter yang telah terpasang pada sumbu mesin, pemotong tersebut bergerak secara memutar. Sedangkan untuk meja kerjanya akan bergerak sesuai dengan jenis dan fungsi dari mesin tersebut secara perlahan.

Sebelum dilakukan pengerjaan, benda kerja harus dijepit secara tepat agar tidak lepas selama proses Milling. Penjepitan ini merupakan salah satu faktor yang menentukan bagus atau tidaknya hasil selama pemotongan.

Gerakan yang berbeda pada saat pengoperasian mesin dapat menghasilkan hasil yang berbeda. Berdasarkan gerakan dari mesin tersebut, dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu gerakan utama pada spindel, gerakan pemakanan yang dilakukan oleh bidang kerja, serta gerakan pengaturan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. 


Jenis Mesin Frais

Mesin Frais yang digunakan di berbagai macam sektor industri memiliki banyak sekali jenisnya. Setidaknya, mesin ini memiliki lebih dari 10 jenis yang telah digunakan oleh berbagai orang.

Anda dapat membedakan jenis-jenisnya tersebut berdasarkan dari posisi spindel dan juga penggunaannya. Pastinya setiap jenis tersebut memiliki banyak macam yang siap digunakan sesuai dengan kebutuhan di industri tersebut. 


Metode Mesin Frais

Saat ingin menjalankan mesin, Anda harus mengetahui metode-metode yang akan digunakan. Metode pengoperasian tersebut dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan arah putaran dari Cutter, yakni konvensional yang arah pemotongnya berlawanan dengan benda, sedangkan bila searah dengan gerakan benda disebut Climb Milling.

Baca juga: Kehidupan Agama Kerajaan Tarumanegara

Hasil Kerja Mesin Frais

Bentuk yang dihasilkan dari proses Milling/Frais juga tergantung dari pengerjaannya. Umumnya, mesin Frais digunakan dalam membentuk sebuah pola yang diinginkan oleh para operatornya. Mesin tersebut bisa digunakan untuk membentuk bidang datar yang rata, miring, siku, sejajar, melingkar, roda gigi, dan lain-lain.

Bagian-bagian Mesin Frais

Mesin ini juga memiliki bagian-bagian yang cukup kompleks dalam proses pemotongan. Berikut bagian-bagian mesin Frais.
  • Spindel Utama
  • Meja
  • Motor Drive
  • Transmisi
  • Knee
  • Tiang
  • Alas
  • Pengaturan

Perlengkapan Mesin Frais

Selain bagian-bagian dari mesin, perlengkapan yang dibutuhkan saat proses pemotongan juga sangat beragam, diantaranya:
  1. Ragum atau penjepit bidang kerja
  2. Kepala pembagi
  3. Tail Shock
  4. Arbor
  5. Pemotong
  6. Penjepit benda kerja

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian mesin Frais secara umum. Diharapkan setelah membaca ulasan di atas bisa menambah sedikit referensi mengenai mesin Milling yang telah banyak orang gunakan di berbagai macam industri.


Pengertian Mesin Frais dan Bagian Bagiannya - Acara