Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Padi di Indonesia

Daerah Penghasil Padi di Indonesia

Padi merupakan tanaman yang menghasilkan beras. Beras sendiri merupakan bentuk mentah dari salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia, yaitu nasi. Indonesia yang terkenal sebagai negara agraris memiliki jutaan hektar lahan padi. Beberapa provinsi terkenal sebagai daerah penghasil padi di Indonesia. Daerah itu mampu memproduksi jutaan ton beras tiap tahun.

Berikut 4 Daerah Penghasil Padi terbesar di Indonesia

1. Jawa Tengah

Sudah banyak diketahui bahwa provinsi di Pulau Jawa ini merupakan penghasil beras terbanyak di Indonesia. Provinsi ini memiliki lahan padi hingga jutaan hektar yang tersebar di seluruh daerahnya. Banyak sekali pedesaan di tempat ini yang memiliki sawah-sawah yang luas.

Pada tahun 2019, daerah di tengah-tengah Pulau Jawa ini mampu menghasilkan lebih dari 5.5 juta ton beras. Hal itu membuatnya menjadi provinsi dengan hasil padi terbanyak di Indonesia. Padi yang dihasilkan mampu mencapai 9.6 juta ton dengan total lahan seluas lebih dari 1.6 juta hektar. 


Beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah merupakan penghasil padi terbesar. Diantaranya yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Cilacap. Daerah-daerah tersebut memang terkenal sebagai penghasil padi yang berkualitas.

2. Jawa Barat

Banyak daerah di Jawa Barat dikenal sebagai penghasil padi yang ada di nusantara. Provinsi ini juga menjadi salah satu daerah dengan hasil padi terbesar di Indonesia. Jutaan hektar sawah tersebar di seluruh penjuru daerah. Pada tahun 2019, provinsi ini mampu menghasilkan lebih dari 9 juta ton padi.


Jawa Barat memiliki sekitar 1.5 juta hektar sawah yang tersebar di seluruh bagiannya. Dengan luasnya lahan padi tersebut, provinsi ini mampu menghasilkan lebih dari 5 juta ton beras setiap tahunnya. Beras yang dihasilkan dari daerah-daerah di Jawa Barat juga telah dikenal memiliki kualitas yang tinggi.

Beberapa kabupaten di provinsi ini telah terkenal secara luas sebagai daerah penghasil padi di Indonesia. Kabupaten Subang salah satunya. Daerah ini mampu menghasilkan padi sebesar kurang lebih 1 juta ton atau setara dengan 500 ribu ton beras. 


3. Jawa Timur

Provinsi paling ujung dari Pulau Jawa ini telah menjadi salah satu produsen padi terbesar yang ada di Indonesia. Daerah dengan luas 47.800 km2 ini memiliki sawah-sawah yang tersebar di seluruh bagian. Pada tahun 2019, Provinsi Jawa Timur mampu menghasilkan padi sebesar lebih dari 9.5 juta ton. Hasil tersebut tidak hanya digunakan untuk kebutuhan daerahnya, namun juga daerah yang lain.

Jawa Timur memiliki lahan padi seluas kurang lebih 1.7 juta hektar. Dengan total sawah seluas itu, provinsi ini mampu menghasilkan beras sejumlah lebih dari 5 juta ton. Beras yang dihasilkan di daerah ini juga berkualitas tinggi. 


Beberapa daerah di Jawa Timur juga dikenal sebagai pemasok beras di Indonesia. Diantaranya yaitu Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Ngawi. Tempat-tempat tersebut merupakan lumbung padi yang ada di Jawa Timur.

4. Sulawesi Selatan

Provinsi yang ada di daerah tengah Indonesia ini telah dikenal sebagai salah satu pemasok beras. Daerah ini dikenal sebagai penghasil padi terbanyak di Indonesia tengah. Pada tahun 2019, tempat ini mampu menghasilkan padi sebanyak 5 juta ton atau setara kurang lebih 3 juta ton beras. Total luas sawahnya mencapai lebih dari 1 juta hektar. Bone menjadi kabupaten terbesar penghasil beras

Baca juga: Bunga Matahari

Padi merupakan tanaman yang penting bagi masyarakat Indonesia. Mengetahui daerah penghasil padi di Indonesia dapat membuat kita sadar bahwa negeri ini mampu memenuhi kebutuhan kita dengan kekayaan yang dikandungnya.


Daerah Penghasil Padi di Indonesia - Acara

Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Padi di Indonesia"