-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Bunga Matahari

Ciri Ciri Bunga Matahari

Tanaman matahari merupakan tanaman hias yang juga menghasilkan makanan yakni kuaci. Bunga yang memiliki nama latin Heliantus annus L ini adalah salah satu tanaman yang cukup populer di berbagai penjuru dunia. 

Ada alasan dibalik nama tanaman tersebut karena bunganya selalu menghadap ke arah matahari dan akan merunduk ketika malam tiba. Ada banyak Ciri-ciri tanaman matahari yang patut untuk ketahui, seperti ulasan di bawah ini.

Kelopak bunga

Bunga matahari adalah tumbuhan majemuk yang mana dalam satu tangkai besar terdapat banyak bunga dan terdiri dari kelopak-kelopak kecil. Ciri yang paling mencolok dari bunga ini adalah warna kelopak kuningnya yang nyentrik.

Baca juga: Bunga Raflesia

Biji bunga yang dapat dimakan

Ciri-ciri tanaman matahari yang sudah awam di masyarakat yaitu bijinya yang dapat dikonsumsi. Pada bunga matahari terdapat biji di bagian tengah atau kepala bunga yang bentuknya cekung menyerupai tabung. Kepala bunga pada bunga ini bahkan diameternya bisa mencapai 30c. Setidaknya terdapat lebih dari 2000 biji dalam satu bunga. 

Baca juga: Pohon Mirten

Daun lebar

Tanaman yang berasal dari Amerika ini memiliki daun tunggal yang lebar. Pada setiap tumbuhan bunga matahari terdiri dari beberapa daun yang cukup lebar dan panjang seukuran telapak tangan orang dewasa atau lebih.

Baca juga: Pohon Murbei

Tangkai panjang dan tinggi

Tanaman matahari ini merupakan jenis tanaman yang tangkainya panjang sehingga ia memiliki tinggi yang lebih unggul dibanding tanaman lainnya. Di beberapa tempat tumbuhan ini tingginya bisa mencapai tiga hingga lima meter.

Selain itu, batang pada tanaman ini ditumbuhi oleh rambut kasar yang akan terasa gatal bila terkena kulit. Pada setiap tanaman hanya terdiri satu batang yang tegak berdiri dan jarang sekali ditemukan tumbuhan ini bisa bercabang.

Baca juga: Pohon Salak

Akar tunggang yang kecil

Meskipun tumbuhan ini tinggi dan berbunga besar, akar pada tanaman matahari bisa dibilang cukup kecil. Jenis akar tunggang yang kecil dan halus tersebut sangat kuat sehingga mampu menahannya dari terpaan angin.

Itulah beberapa ciri-ciri tanaman matahari yang patut untuk diketahui. Bunga cantik yang merekah ini tak hanya sebagai hiasan semata namun juga bijinya bisa dikonsumsi jadi cemilan sehat.


Ciri Ciri Bunga Matahari - Acara

Posting Komentar untuk "5 Ciri Ciri Bunga Matahari"