5 Ciri Ciri Pohon Murbei

Ciri Ciri Pohon Murbei

Di dunia ini ada banyak jenis tanaman yang masuk ke dalam beri-berian, salah satunya adalah mulberry atau murbei. Ciri-ciri pohon murbei sangat unik dan memiliki karakter tersendiri, sehingga kita dapat dengan mudah mengenalinya.

Tanaman yang berasal dari daratan Cina bagian utara ini bisa tumbuh di berbagai macam iklim, seperti iklim tropis dan subtropis, sehingga kamu juga bisa menjumpai pohon ini di Indonesia. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman beri yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-Ciri Pohon Murbei beserta Klasifikasinya

Menurut sistem klasifikasi dalam ilmu taksonomi, murbei (Morus alba) digolongkan ke dalam keluarga Moraceae dengan genus Morus. Pohon ini banyak tumbuh di dataran Cina dan sekitarnya dan ada juga variasi gen yang berasal dari Afrika dan Amerika.

Tak hanya di negara asalnya, pohon murbei juga banyak tersebar di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak macam spesies, yakni hampir mencapai 100 jenis, namun dari beberapa jenis tersebut tidak semuanya bisa tumbuh di aneka macam habitat.

Suhu lingkungan yang cocok untuk membudidayakan tanaman murbei adalah 210C – 250C. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik, terutama pada lingkungan yang sejuk dan memiliki pasokan air yang melimpah.

Dengan adanya fakta tersebut, banyak para petani murbei memilih membudidayakan tanaman ini di area dekat sungai maupun sumber air lain. Hal ini bukan tanpa maksud, selain mempermudah pengairan, menanam di area dekat sungai dan sumber air juga bisa dijadikan antisipasi di kala kemarau.

Tak hanya pasokan air yang tinggi, murbei juga memerlukan penyinaran yang tinggi, sehingga lahan yang dibutuhkan harus terbuka dan tanpa banyak tutupan.


Berikut merupakan ciri-ciri morfologi tanaman murbei dari segi morfologi.

  • Pohon Murbei

Pohon murbei diklasifikasikan sebagai tanaman perdu atau tanaman semak yang memiliki ketinggian maksimal mulai dari 20 hingga 25 meter. Namun, di alam bebas pohon ini biasa dijumpai dengan tinggi 5 hingga 6 meter saja.

Tumbuhan ini membesar serta memiliki kecepatan perkembangan yang cukup tinggi, terutama ketika masih berusia muda. Sedangkan usia tanaman sudah cukup tua, murbei akan tumbuh semakin melambat.

Baca juga: Ciri Ciri Pohon Kelengkeng

  • Batang Murbei

Bentuk batang murbei yang dapat dikenali adalah cabangnya yang tumbuh mendatar serta tegak. Murbei juga memiliki penampakan batang dengan warna yang berbeda-beda, sesuai dengan jenisnya masing-masing dan umumnya batang tersebut bersifat lunak.

Beberapa warna yang bisa dijumpai adalah hijau, hijau kecoklatan, atau hijau kelabu. Terdapat jenis tanaman murbei, yakni murbei andalas (Morus macroura) yang memiliki batang kuat dan keras, sehingga jenis murbei ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan lantai rumah dan mebel.


  • Daun Murbei

Daun yang dimiliki tanaman murbei merupakan daun tunggal yang tumbuh di bagian cabang spiral. Tak hanya warna batang yang beragam, daun murbei juga memiliki banyak bentuk yang bergantung pada spesiesnya.

Adapun bentuk-bentuk daun murbei yakni oval, bundar, berlekuk, dan ada juga daun yang tidak memiliki lekukan. Permukaan daun murbei memiliki tekstur sedikit kasar, namun ada juga yang sedikit licin.

Tanaman murbei telah lama dibudidayakan oleh para pembudidaya ulat sutra, karena daun tanaman tersebut digunakan sebagai pakan utama ulat sutra. Tak hanya itu, daun murbei juga dimanfaatkan sebagai obat peluruh kencing, peluruh kentut, dan peluruh keringat.

  • Bunga Murbei

Jenis bunga yang ada pada tanaman murbei adalah bunga yang terbagi ke dalam bunga jantan dan bunga betina. Letak tumbuh bunga jantan dan bunga betina terpisah, yakni pada ranting-ranting yang berbeda satu dengan yang lainnya.

  • Buah Murbei

Adapun jenis buah yang dihasilkan tanaman murbei adalah buah majemuk yang memiliki warna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi kuning kemerahan atau ungu gelap pada saat buah sudah masak dan siap panen.

Ukuran buah murbei bisa mencapai 2 sampai 3 cm yang dapat dikonsumsi manusia, baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Buah ini banyak dikonsumsi karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Mengenal ciri-ciri pohon murbei akan menambah wawasan kamu mengenai tanaman tersebut yang ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan.


Ciri Ciri Pohon Murbei - Acara

Belum ada Komentar untuk "5 Ciri Ciri Pohon Murbei"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel